Fitur Pencarian Forum Diskusi di Jejaring Sosial ( Internet ) | Ir.widji dadi surahmat          
   
 
       
       
   
       
 
       
     
       

Sabtu, 14 Januari 2012

Fitur Pencarian Forum Diskusi di Jejaring Sosial ( Internet )

Apa sajakah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna internet di dunia maya ? Mungkin biasanya kita menggunakan fitur facebook, yahoo, google dan 4shared atau yang lainnya , yang digunakan untuk berinteraksi oleh orang lain yang jaraknya berada jauh dari kita atau untuk mencari sesuatu contohnya mencari tugas makalah, aplikasi, dan musik atau video melalui google atau 4shared.
Saya membaca dan mengetahui laporan Net Index pada tahun 2009 hingga 2011 bahwa ternyata menunjukan tren yang sama dalam tiga tahun terakhir,berjejaring sosial ( Internet ) menjadi aktivitas tertinggi , sedangkan kegiatan pencarian dimesin pencari menempati perinkat ketiga. Dan data Comsore pada agustus 2011 juga menunjukan hal yang sama,sebanyak 85 dari 100 pengguna internet memakai mesin pencari,sedangkan dari 91 dari 100 memakainya untuk berjejaring di dunia maya.
Maka,dengan alasan itulah Yahoo!Indnesia kini memperkenalkan fitur terbRu Yahoo! Yaitu Yahoo! Post yang bisa diakses melalui id.post.yahoo.com . Layanan yahoo! Post memadukan fitur jejaring dan pencarian , mempertemukan konten dengan komunitas - komunitas online. Maka dari itulah kita tida ada salahnya untuk menggunakan fitur ini.
Bagaimanakah cara menggunakan fitur ini,cara kerja Layanan Yahoo! Post itu sangat mudah. Pengguna yang memiliki e-mail yahoo bisa mengetik kata kunci atau kuera pada mesin pencari Yahoo!. Setelah itu,Yahoo! Post akan menampilkan deretan topic of discussion yang telah ada sebelumnya terkait dengan kata kunci. Ketiklah kata Iphone misalnya,akan ada forum - forum  yang membahas Iphone dan siapa-siapa sajakah yang menyukai ponsel itu. Artinya tidak seperti search engine pada umumnya, disini bukan link yang akan tersaji melainkan topik dan forum mendiskusikan apa yang sedang anda cari. Melalui laman http;//id.post.yahoo.com pengguna bisa mendapatkan topik dan forum diskusi ,bergantung pada kata kunci yang dimasukkan . Pengertian dari Yahoo! Post adalah inovasi kami yang menggabungkan layanan pencarian dan mempertemukan mereka yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu. Fitur ini mempunyai kegunaan yang selayaknya seperti forum online,pengguna bisa berbagi foto, video, link, dan juga menciptakan jajak pendapat sendiri di Yahoo! Post. Pengguna bisa membuat topik atau hanya mengomentari topik - topik yang sudah ada . Sebagai sistem reward, ada tiga level pengguna yang diberikan sesuai dengan tingkat keaktifan mereka.
Level pertama ialah kontributor yang bisa didapat dengan mem-posting topik beberapa kali saja. Kedua, dinamai voter yang bisa diperoleh dengan 20 posting atau 100 rating. Ketiga, ada moderator yang merupakan pengguna paling aktif ditiap forum . " moderator punya otoritas untuk membuat forumnya menjadi sehat atau tidak ". Layanan Yahoo! Post bakal mampu mengumpulkan berbagai macam topik dari kelompok usia, jenis kelamin , dan profesi yang berbeda beda  berdasarkan kata kunci pencarian. Forum berbasis kata kunci ini sebelumnya telah diluncurkan di Korea dan Hongkong sejak 2010, yang di kenal sebagai Kpost. Percakapan tentang selebritas, gosip, dan berita menjadi sangat populer di Kpost. Untuk menghindari konten - konten yang berbau SARA atau pornografi, juga ada sistem report tersendiri. Sebelumnya Yahoo! juga memiliki fitur yang mendukung perkembangan komunitas seperti milis, Yahoo Answer, dan Kaprol. Namun, untuk sementara fitur ini belum terintegrasi di halaman muka Yahoo! Indonesia . Pengguna bisa berkunjung ke id.post.yahoo untuk menikmati fitur tersebut.
Sekian artikel saya jika ada kata - kata yang tidak mendukung saya minta maaf.
# namanya juga manusia ^_^ heheheh......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

     
                 
 
   
 
Ir.widji dadi surahmat © 2011 | Design Template by Utta Vifer | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0