Perkembangan Internet dan Software atau Alat Pendukunnya..!! | Ir.widji dadi surahmat          
   
 
       
       
   
       
 
       
     
       

Sabtu, 14 Januari 2012

Perkembangan Internet dan Software atau Alat Pendukunnya..!!

Apa kita semua sudah tahu perkembangan dari internet,mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Maka dari itu saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang Perkembangan Internet dan Software / Alat Pendukungnya.
Internet yang merupakan kependekan dari International Network merupakan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain yang ada di seluruh dunia. Saat ini internet menjadi media pendukung yang berperan besar dalam kegiatan manusia sehari-hari. Internet bisa digunakan sebagai sarana belajar, pemasaran, komunikasi, dan berbagai macam kegiatan yang lain. Kegiatan-kegiatan tersebut akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan internet yang semakin maju. Dan Internet pula mempunyai sejarah tersendiri.
Sejarah Asal Mula adanya Internet. Internet pertama kali dikembangkan oleh ARPA (Advanced Reasearch Project Agency) yang merupakan sebuah badan pemerintahan yang ada di Amerika. ARPA ini bertugas untuk membuat teknologi yang bisa digunakan dalam bidang pertahanan dan militer.  ARPA kemudian membentuk satu tim yang khusus mempelajari tentang jaringan komputer. Tim ini mempunyai tugas untuk membuat suatu jaringan informasi yang tidak terpusat, sehingga saat jaringan yang satu mati atau rusak, jaringan yang lain masih bisa digunakan. Dan pada tahun 1965-an, tim ARPA berhasil membuat sebuah jaringan yang menghubungkan dua buah komputer di  Laboratorium MIT Lincoln dan Santa Monica dengan menggunakan jaringan telepon berkecepatan 1.200 bps.
Dalam Empat tahun kemudian, yaitu pada tahun 1969, tim ARPA yang melakukan riset kembali tentang jaringan computer dan dikenal sebagai ARPANET sudah berhasil membuat sebuah jaringan yang menghubungkan empat tempat yaitu UCLA, Stanford, University Santa Barbara dan University of Utah. Dan pada tahun 1971, antar komputer yang satu dengan yang lain sudah bisa berkirim pesan dengan menggunakan program pengirim pesan ( email ), yang di kemudian hari hal tersebut menjadi cikal bakal email.
Perkembangan internet dan teknologi pendukungnya semakin mengalami perkembangan dan pada tahun 1972, ARPANET mendemonstrasikan jaringan komputer yang terdiri dari 40 komputer di depan publik. Setahun kemudian yaitu pada tahun 1971, jaringan global yang menjadi cikal bakal internet sudah mulai terlaksana dengan koneksi antara  University of London di Inggris dengan Royal Radar Establisment di Norwegia.
Saat itu jaringan yang dibuat sudah menggunakan protocol yang memungkinkan sebuah komputer melakukan transfer file kepada komputer lain. Hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal protocol internet yang ditemukan oleh Vint Cerf pada tahun 1974. Protocol ini kemudian dinamakan Transmission Control Protocol (TCP) yang menjadi protocol standar internet sampai sekarang. Vint Cerf inilah yang kemudian hari dikenal sebagai Bapak Internet.
Software Pendukung dalam Perkembangan Internet.
Seiring berkembangnya teknologi internet, teknologi software yang mendukung teknologi internet ini juga semakin berkembang. Misalnya saja web browser yaitu software yang digunakan untuk menjelajahi internet. Saat pertama kali ditemukan yaitu pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, tampilan web browser masih sangat sederhana dan masih berupa teks saja. Kemudian Marc Adreesen bersama dengan Eric Bina menciptakan web browser Mosaic yang sudah menggunakan Graphical User Interface (GUI) yaitu sarana interaksi antara pengguna dan komputer yang berupa tampilan gambar. Saat itu Mosaic merupakan web browser yang paling pintar dan bagus tampilan GUI nya.
Sedangkan untuk email sendiri, saat pertama kali diciptakan oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971, masih berupa program yang digunakan untuk meninggalkan pesan di computer yang sama. Jadi ketika ada orang lain yang menggunakan computer tersebut, orang tersebut bisa membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai sebelumnya. Namun Ray kemudian mengembangkan program tersebut untuk mengirimkan pesan ke computer lain yang masih berada dalam jaringan ARPANET dengan menggunakan protocol yang diberi nama CYPNET.
Program tersebut berhasil mengirimkan pesan ke komputer lain dan Ray Tomlinson adalah orang pertama yang mengirimkan email dan berisi “QWERTYUIOP”. Seiring semakin banyaknya pengguna internet, saat ini ada 1,3 orang yang menggunakan email atau surat elektronik ini.
Sejarah Internet di Indonesia.
Untuk pertama kalinya di Indonesia, internet digunakan pertama kali oleh Universitas Indonesia pada tahun 1988. Tokoh-tokoh seperti Onno W. Purbo, Firman Siregar, Robby Soebiakto adalah orang-orang yang memajukan dunia internet di Indonesia. Saat itu biaya akses internet sangat mahal. Kemudian pada tahun 1994, IndoNet yang merupakan ISP komersial pertama di Indonesia berdiri dan dipimpin oleh Sanjaya.
Sejak saat itu, perkembangan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan dan saat ini bisnis dalam bidang internet merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni.
Mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan, jika ada kata - kata yang tidak baik, mohon di maafkan yaaaakkkk,,,???
Mudah-mudahan memahami,,amiien?,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

     
                 
 
   
 
Ir.widji dadi surahmat © 2011 | Design Template by Utta Vifer | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0